Tips Untuk Hamil

Sebuah blog yang membahas tentang berbagai tips untuk pasangan suami istri, agar cepat hamil, mudah dan cepat punya anak dan tips untuk hamil

Kenapa Belum Hamil Juga? Baca 7 Penyebabnya

By Monday, July 06, 2015

Kenapa Belum Hamil Juga? Baca 10 Penyebabnya - Hamil menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri yang sudah lama menikah tetapi belum juga memiliki anak. Hamil adalah suatu proses untuk memiliki momongan, dimana anak adalah suatu anugerah dan titipan dari Allah swt yang harus kita jaga. Karena titipan, maka Allah swt akan memberikan kita semua titipan berupa anak apabila kita sudah benar-benar pantas dan mampu untuk merawat dan memiliki anak. 

Kenapa Belum Hamil Juga? Baca 7 Penyebabnya
Kenapa Belum Hamil Juga? Baca 7 Penyebabnya
Kembali lagi ke topik utama pada pagi hari ini, tentang yang menjadi penyebab wanita sulit hamil. Tanda-tanda yang paling umum mengapa wanita sulit hamil adalah tidak teraturnya menstruasi.


Berikut ini 10 penyebab wanita sulit hamil


1.  Menoupause Dini
Pengertian dari monoupause dini adalah suatu keadaan dimana perempuan sudah tidak mengalami menstruasi atau jarang mengalami menstruasi yang ditandai dengan folikel ovarium sebelum wanita memasuki usia 40 tahun. Wanita akan mengalami menoupause ini bila ovarium tidak berfungsi dan menstruasi sudah tidak terjadi lagi. Selanjutnya penyebab terjadinya menopause dini salah satunya adalah karena suatu radiasi yang memicu kekebalan di dalam tubuh wanita tersebut. 

2.  Kerusakan Pada Saluran Telur (Tuba)

Terjadinya kerusakan pada saluran tuba seperti terjadi peradangan dapat menyebabkan penyumbatan karena adanya jaringan perut dapat membuat kesuburan wanita berkurang. Sehingga akan membuat wanita mengalami kesulitan untuk hamil. Kerusakan pada saluran tersebut terutama dapat disebabkan oleh klamidia yang merupakan infeksi penyakit menular seksual. Pada kasus yang lain kerusakan pada saluran tuba ini atau terjadi penyumbatan dapat disebabkan oleh radang panggung atau pasca operasi kehamilan etopik.

3.  Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS ini adalah suatu kondisi yang akan mengakibatkan terjadinya produksi hormon androgen dan menjadi salah satu penyebab yang mengurangi kesuburan pada wanita, sehingga akan membuat wanita tidak cepat hamil.

4.  Pengobatan Kanker

Pada saat menjalani pengobatan kanker menggunakan radioterapi maka dapat berisiko mengganggu dan mengakibatkan sistem reproduksi pria atau wanita menjadi terganggu. Ini berdasarkan peneitian, bahwa pengobatan kanker dengan radioterapi dapat mengakibatkan radiasi yang membuat kesuburan wanita dan pria menurun, sehingga membuat hamil tak kunjung datang. Tentunya ini sangat dipengaruhi oleh bagian tubuh yang di terapi. 

5.  Gaya Hidup

Tidak dipungkiri lagi bahwa ternyata kebiasaan gaya hidup yang salah akan membuat kesuburan menurun, gaya hidup yang salah tersebut seperti merokok, sering makan makanan cepat saji, minum alkohol, dan lain sebagainya. 

6.  Usia

Terakhir, yang akan mempengaruhi kesuburan khusunya pada wanita adalah usia. Perempuan yang sudah berusia 40 tahun ke atas tentu kesuburannya akan turun, karena pada usia ini perempuan hanya memiliki jumlah sel telur yang sedikit, kurang sehat dan lebih rendah. Sehingga peluang terjadi kehamilan akan sedikit, dan peluang keguguran juga semakin besar. Tetapi tidak menutup kemungkinan, perempuan bisa hamil pada usia di atas 40 tahun.

7. Terlalu gemuk atau terlalu kurus

Berat badan seorang pria atau wanita ternyata juga bisa menyebabkan susah hamil, seseorang yang terlalu gemuk akan membuat produksi esterogen dalam jumlah yang berlebihan, dimana akan membuat ovulasi atau pembuahan tidak teratur dan untuk wanita akan lebih berisiko terjadi keguguran. Sebaliknya bila terlalu kurus akan membuat terhambatnya produksi hormon-hormon yang diperlukan dalam preoses pembuahan, sebagai contoh hormon tersebut adalah hormon estrogen dan juga hormon testoteron.

Demikian artikel yang berjudul Kenapa Belum Hamil Juga? Baca 7 Penyebabnya, semoga bermanfaat dan terimakasih.

You Might Also Like

0 comments