Tips Untuk Hamil

Sebuah blog yang membahas tentang berbagai tips untuk pasangan suami istri, agar cepat hamil, mudah dan cepat punya anak dan tips untuk hamil

Sering Memangku Laptop Bisa Turunkan Kualitas Sperma

By Saturday, June 27, 2015

Sering Memangku Laptop Bisa Turunkan Kualitas Sperma - Ada beberapa hal yang menjadi penyebab turunnya kualitas sperma seorang pria, seperti kebiasaan merokok dan memangku laptop. Dengan turunnya kualitas sperma ini, tentunya kesuburan seorang pria juga menjadi tidak baik. Bila menginginkan kehamilan pada istri, maka peluang kehamilanpun akan semakin kecil, bila seorang pria sering memangku laptop.

Menurut Ponco Birowo yang merupakan seorang Dokter spesial urologi mengatakan bahwa, laptop yang menyala dan dipangku akan membuat bagian area organ intim pria dan sekitar paha teradiasi panas. Di mana ini akan membuat testis pria mengalami kenaikan suhu. Kemudian, ia menjelaskan bahwa spermatozoa pada testis harus berada pada suhu sekitar 2 deraja celcius di bawah suhu tubuh, bila melebihi maka kesuburan pria akan turun dan bisa-bisa terganggu.

Sering Memangku Laptop Bisa Turunkan Kualitas Sperma
Sering Memangku Laptop Bisa Turunkan Kualitas Sperma
Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa letak daripada testis ada dibagian di luar tubuh seorang pria. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah agar temperatur testis tersebut lebih dingin beberapa derajat dari suhu tubuh kita. Jika tidak, misal lebih tinggi/panas suhunya maka kualitas sperma akan turun.

Beliau melanjutkan, bahwa tidak hanya memangku laptop saja yang bisa menurunkan kualitas sperma, tetapi kebiasaan-kebiasaan lainnya yang berhubungan dengan panas dapat menyebabkan hal yang sama, misal saja tukang pelebur besi, sampai dengan koki yang sering memasak.
 
Yang tentunya semakin panas akan membuat suhu testis juga semakin panas, otomatis kualitas sperma akan turun. Selain itu juga, gaya hidup yang tidak sehat akan ikut mempengaruhi kualitas sperma, seperti kebiasaan merokok, minum kopi berlebihan, sering memakai celana ketat dan lain sebagainya juga dapat menurunkan kualitas seperma.

Turunnya kualitas sperma pria ini, akan membuat peluang kehamilan semakin kecil. Berdasarkan data penelitian dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutka bahwa 25 persen pasangan suami istri di dunia ini mengalami infertilitas (sulist hamil), dan setengahnya dari total pasangan yang mengalami infertilitas disebaban oleh pria.

Kembali lagi ke topik pembahasan kita mengenai sering memangku laptop, menurut penelitian dengan memanggku laptop yang membuat kenaikan suhu sebesar 1 derajat Celcius saja pada testis ternyata dapat menurunkan tingkat kesuburan pria hingga mencapai 40 persen.

Jadi, mulai sekarang hilangkan kebiasaan memangku laptop dalam waktu yang lama, lebih baik di letakkan di atas meja atau semacamnya. Bila terpaksanya dipangku, maka usahakan diberi alas seperti buku tebal atau papan triplek dll.


You Might Also Like

1 comments

  1. Informasi Bimtek Ini Meliputi Segala Macam Jenis Mulai Dari Info Bimtek Ketenagakerjaan bimtek kepegawaian Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri

    ReplyDelete